4 Feb 2011

Betapa Lucunya Negri Ini


Ini adalah kisah kehidupan nyata Indonesia. Negara dengan tingkat korupsi terbanyak, masuk dalam urutan tingkat kemiskinan terbesar, dan juga memiliki tingkat pengangguran yang cukup banyak di dunia. Negara yang berbentuk kepulauan dengan wilayah yang didominasi oleh laut yang kaya akan keindahan bahari-nya ini adalah salah satu negara “tertinggal” dari sekian banyak Negara maju disekitarnya. Contoh saja seperti Negara Singapore, Malaysia, Japan, Australia, RRC, dan Korea Selatan. Itu hanyalah segelintir negara yang mengelilingi Indonesia dan mencari keuntungan di Indonesia. Seperti
1.     RRC, negara yang pemasok HP lokal sejenis/sekelas brand-brand ternama dunia dan juga negara dengan armada militer terbesar di dunia ini adalah Negara yang patut di contoh Indonesia. Why?. Lihat saja dari kemajuan teknologi buatan mereka. China sendiri sekarang sudah berkembang seiring berjalannya waktu, bahkan mereka bisa disejajarkan dengan USA.

2.    Singapore, negara yang bertetangga dengan pulau Batam ini adalah negara yang termasuk cepat perkembangannya di Asia Tenggara. Bahkan menurut sepengetahuan gw, negara ini sedang mencoba mengubah Air Laut menjadi Air Tawar untuk membuat pasokan air mereka. Itu sendiri mereka lakukan untuk membuat tempat yang nyaman dan dapat memanfaatkan apa yang ada di tempat yang luasnya hampir setara dengan ½ pulau Kalimantan ini.


3.    Japan, negara yang dijuluki The country of sunrise ini adalah negara terindah didunia *menurut gw laaanjutttt. Negara yang memulai tren Harajuku ini adalah negara ter-mandiri yang gw kenal pertama kali. Sebelum gw mengenal Asia pada saat gw SD dulu, gw sudah mengenal Japan. Negara ini juga termasuk pintar. Karena eh karena, mereka dapat membuat penemuan-penemuan yang selalu mencengangkan dunia. Seperti robot, kendaraan, HP, rumah pintar, Gadget, dan banyak teknologi canggih yang mereka buat. Kalau dibandingkan, mungkin Japan setara dengan Amerika atau Jerman.

4.    Australia, negara ini bisa dibilang peduli lingkungan dan bersih. Membuang sampah sembarangan aja, hukumannya lumayan *beda banget sama Indonesia. Disana juga tempat-tempat rekreasi bersih, nyaman, aman terkendali. Seperti kebun binatang-nya *beda banget sama Ragunan. Walau akhir-akhir ini Australi sedang dilanda banjir Nuh (Banjir bandang). Tapi gw berharap Australia bisa kembali ke keadaan semula.


5.    Korea Selatan, negara yang dipenuhi artis cowok dan boyband yang ganateng-ganteng ini adalah negara panutan no.5 yang harus ditiru Indonesia. Mulai dari pengembangan Gadget mereka, cara pendidikan mereka, juga cara mereka hidup mandiri. Walau dalam segi perang mereka dibantu pihak Amerika, tapi dalam segi yang lain mereka termasuk hebat. Bayangkan saja, mereka bisa membuat Laptop sekelas Apple, HP sekelas i-Phone/Blackberry namun dalam hak cipta Korea Selatan. Dalam segi Entertainment juga mereka lebih mementingkan kualitas daripada ratting atau pendapatan *kalau Indonesia, ratting naik dikit langsung nambah episode. Tentang Korea akan dibahas 2 minggu lagi di KUNO.

6.    Yang terakhir Malaysia. Negara yang sempat berseteru karena perebutan banyak hal ini adalah negara yang nggak jauh beda seperti Indonesia. Hanya saja, negara ini sedikit lebih maju dari Indonesia. Misal saja, pemerintah mereka mendukung apapun yang positif bagi negara mereka *kalau Indonesia lebih mentingin kasus Century. Dan Malaysia tidak selalu memantau 1 permasalahan. Mereka akan menyelesaikan masalah tersebut jika sudah menemui titik terang *kalau Indonesia langsung tannnccaapppp. Terakhir dalam masalah sepakbola, Indonesia menuduh mereka yang memulai permainan “Laser” ke mata penjaga gawang. Nyatanya Indonesia lah yang memulai duluan. Menurut pengelihatan gw yang Alhamdulillah nggak ada penyakit-nya, saat pertama kali Indonesia bertemu Malaysia di pertarungan piala AFF, Indonesia sudah menggunakan “Laser” tapi tidak dipermasalahkan oleh pihak mereka. Tapi saat mereka membalas ke Indonesia, itu justru menjadi masalah. Kenapa Hayoo….

Tidur Teruussss
BBM, contoh yang buruk
Itu hanyalah perbandingannya. Cerita yang sesungguh nya datang dari banyak pesohor /petugas/pegawai negri Indonesia. Seperti Gayus, Aburizal Bakrie, Ayin, Teroris, artis-artis dan mungkin banyak pesohor negri yang terlibat berbagai macam kasus yang tentunya belum terkuak. Bahkan gw pernah ngeliat dan denger di acara John Pantau, Anggota DPR ngomong tentang hadiah mobil untuk para anggota DPR waktu jaman Kabinet Indonesia I.
Anggota DPR 1
Kak John        : “Pak, pak. Boleh ngomong sebentar nggak” (Dengan gaya ala kadarnya)
DPR 1              : “Boleh, silahkan aja”
Kak John        : “Langsung To the Point aja ya, pak. Tadi saya mempantauuuu dengan jelas Bapak lagi    tidur waktu rapat. Benarkah demikian?”
DPR 1              : “Gini ya mas. Tadi itu saya bukannya tidur”
Kak John        : “Oh, bukan tidur ternyata. Habis apa pak?”
DPR 1              : “Kan anggota DPR itu pasti jadwalnya padat, ya. Jadi pastilah kadang nggak tidur.”
Kak John        : “hmm… lalu”
DPR 1              : “Tadi hanya ‘MEREM’ sebentar”
Kak John        : “Oh, hanya ‘MEREM’ ya, pak. Koq bisa lama banget ya?”
DPR 1              :  (cara ngeles ala anggota DPR) “Bisa cepetan dikit nggak pak, saya masih ada janji”
Kak John        : “Oh, silahkan pak”

Pertemuan dengan anggota DPR ke-2
Kak John        : “Selamat siang, pak”
DPR 2              : “Siang, ada apa ya?” (ling lung)
Kak John        : “Begini, kan baru-baru ini pak SBY memberikan fasilitas mobil mewah baru. Tanggapan anda apa, ya pak?”
DPR 2              : “Ya, menurut saya ini nggak bener”
Kak John        : “Oh, berarti bapak peduli rakyat sekali ya, pak?”
DPR 2              : “Oh, bukan begitu. Begini pak SBY menggunakan Mercedes sedangkan kami menggunakan Toyota. Ya, saya nggak terima dong”
Kak John        : “Nggak terima maksudnya…?”
DPR 2              : “Seharusnya ya kami disetarakan mobilnya sama seperti pak SBY”
Kak John        : “Maksudnya mobil ini kurang dimata bapak. Jadi bapak minta Mersi dari pak SBY. Betul betul mengerikan usul bapak ini ya” (ala-ala John)

Hadiah yang nggak mementingkan Rakyat
                        Itulah sedikit potret kelucuan dari Indonesia. Jika diusut lebih dalam lagi, mungkin Indonesia masih lebih mengerikan daripada India, Afrika, atau Papua sendiri yang masih termasuk wilayah Indonesia. Sampai kapankah Jakarta dan kehidupan seperti ini dapat bertahan?. Dan sampai kapankah DPR menganggap rakyat jelata sebagai bawahan, bukan sebagai atasan yang selama ini telah memilih dan percaya pada mereka. Kapankah Indonesia akan memasuki era Digitalisasi dengan peralatan elektronik buatan sendiri?. Kapankah Indonesia mempunyai moto “Believe with You’re self”?. Dan Kapankah Indonesia bisa maju?. Rakyat hanya bisa berharap, tapi sebaiknya yang membaca blog ini janganlah menganggap Indonesia kotor karena Indonesia seperti hal-nya tambang Berlian. “Sulit mencari yang bersinar karena Berlian ada di lautan air yang kotor”. Sekian kisah bijak dan NONFIKSI dari gw. Mudahan ini menjadi jawaban atas semua masalah. Terinspirasi dari Novel Marmut Merah Jambu yang menguak kisah tentang naiknya harga kedelai. Gw Wina AAN sebagai Duta Mangga yang kekurangan pupuk karena krisis Globalisasi. Chawwww

Penulis
Wina AAN
Duta Mangga kekurangan Pupuk

0 komentar: