16 Okt 2010

POHON MANGGA TETANGGA


 POHON MANGGA TETANGGA


*Oleh: Wina Ariyanti
Tanpa dusta atau apapun yang sejenisnya. Ini tidak ada hubungannya dengan sekolahan atau temen-temen gue di sana. Ini masalah antar RT (Rajin Toleransi). Jadi setiap tetangga gue nggak mengenal yang namanya nyolong, soalnya nyolong sama nggak itu nggak ada bedanya *oh ya..?? J. Ya…, meski harus gue akuin ini adalah hal yang janggal tapi.. bener juga sih. Nyolong sama nggak kan pada dasarnya sama aja. Kalau minta izin mau ngambil barang pasti dibolehin, and kalo nyolong juga sama. Cuma beda artiannya aja, toh ujung-ujungnya podo wa’e. Heh.., gue jadi inget dulu, waktu ada acara masak bersama di komplek. Waktu itu kami masih nyelonong aja ngambil buah punya orang *termasuk mangga.
Langsung ke ceritanya aja. Waktu dulu pas malam mingguan, seperti biasa kebiasaan warga komplek sebelum meraka jadi tajir mendadak. Ya… yang jelas adalah masak bersama. Kenapa?... Karena waktu itu mereka belum punya pembantu semua!!. Kalau sekarang sih, mengingat jasa pelayaran yang sangat diperlukan, komplek gue yang notabene suaminya pada kerja di jasa pelayaran sekarang jadi tajir dadakan. Dulu warga komplek yang jarang banget keliatan prabot di rumahnya, tiba-tiba penuh. Dulu yang anak-anaknya keliaran karena nggak di les-kan, sekarang pada les private semua. Dulu yang nggak ada mobil berjejer, sekarang punya. Malah ada yang sekalian mempermegah rumahnya layaknya istana/Apartment bintang 5. Semua prabotnya baru, Kompor gas portable, Sofa yang empuk, dan yang dulunya rumahnya cuman punya 2 AC sekarang mendadak full AC.
Before & after:
 
   


                      Kompor gas portable                                                                    Kompor Miyak lusuh
 (Sorry kalau kompornya berantakan, habis dipake soalnya Jwkwkw






Permukaan rumah                                Permukaan rumah setelah
sebelum dipugar                                  dipugar


Wowww… Emang jamannya udah edan, KB aja di komplek gue nggak ada yang kenal *except my family. Gue pikir di komplek gue, cuman BoNyok gue doang yang ngejalanin KB. Sisanya pada punya anak 3, 4, bahkan ada yang sampai 6. Hebat…, good job *(Ryanti mode: ON). Tapi untuk keluarga muda yang masih dalam masa membina rumah tangga nggak termasuk ya… Tapi, karena saking sibuknya atau ibu-ibu jaman sekarang yang biasanya keliling-keliling tempat untuk arisan. Komplek gue sekarang sunyi senyap dari jam 08.00-16.00. Nggak tau juga pada kemana, paling yang ada cuman anak-anak yang dijaga sama pembantunya dan paling juga lagi les private *kecuali gue. Tapi dari semua kejadian itu, ada untungnya juga buat gue. Tetangga gue punya pohon mangga bonsai, dan waktu itu lagi berbuah. Warnanya oranye-oranye gimana…. gitu *lebay. Dan karena khilaf, tanpa sadar gue ambil tuh buah *mumpung komplek lagi sepi. Gue cuman ngambil 1, sisanya gue biarin *padahal waktu itu buahnya cuman 1 yang mateng xixixi…Maafkan saya tetangga ku tersayang, kanapa juga rumahmu sepi seperti kuburan. Ini memang keusilan anak kelas 6 SD *yup, waktu itu gue masih kelas 6 SD. Untungnya juga di komplek gue nggak ada CCTV-nya, jadi gue bisa bebas lapang ngambil semua buah yang tidak dipantau *teganya dirimu… teganya 3x (Dangdut mode: ON). Setiap hari setidaknya hamper 5 jenis buah yang berbeda gue bawa kedapur *lumayan buat cemilan sehat. Kadang semuanya itu gue jadiin sate buah atau salad buah. Kebetulan nyokap gue adalah Yoghurt mania, jadi di kulkas selalu tersedia Yoghurt yang selalu gue buat menjadi saus Salad buah gue. Hahahaha… J *sorry mom… Nyokap gue juga jarang ada dirumah, maklum… Ibu RT *saat itu bokkap gue mungkin jadi RT satu-satunya yang tidak melaksanakan tugasnya.
Bokkap gue adalah RT di komplek gue, dia bisa dibilang RT yang tidak konsisten. Why?.., soalnya dari semua RT di seluruh jagat raya *lebay banget lu, cuman bokkap gue yang nyerahin semua tugasnya ke wakil RT!!!. Ya…, karena bokkap gue skejonya padat. Pulangnya aja jam 5 sore *normal kale… Kalau wakilnya sih enak, dia kerjana cuman ngejalanin bisnis ponsel-nya. Jadi dia sesalu stay on di rumahnya yang berwarna pink cerah merona ceria luar biasa.. *sangat amat lebay. Tapi kita pindah ke segment berikutnya aja ya, biar mempersingkat tulisan *gue nggak pengen lama-lama ngetik, pegel tau!!!. Jpiss…
Pohon mangga sialan
Lalu di saat yang berbeda, gue melihat sesosok pohon mangga yang buahnya sangat menggugah selera berada di atas kepala gue *yang kali ini bukan mangga bonsai. Lalu tanpa berpikir panjang gue langsung ngambil bangku kayu yang ada di halaman rumah gue buat ngambil tuh mangga. Tapi tanpa gue duga-duga sama sekali ternyata tetangga gue udah berani melihara Anjing. Sial banget, apes abis gue. Tuh anjing guk, guk, guk, guk… mulu. Nggak berhenti. Batal dah niat gue ngambil buah mangga madu yang enak dan menggiurkan itu. Mana yang punya orang Batak lagi. Kalau teriak bisa terkabul lah ramalan kiamat 2012. Suaranya yang menghempaskan seluruh jagat raya *kurang heboh, atau mungkin bisa membuat bayi yang melahirkan nggak jadi keluar. Hahaha…., tapi hikmahnya nggak bakalan lagi deh gue ngambil mangga-mangga di rumah tetangga. Dan pesen gue untuk kalian semua sebagai duta Mangga se-Indonesia. Ehm, ehm … *sok formalitas. “Lestarikanlah jenis mangga agar anak cucu kalian bisa merasakan kenikmatan, keasaman, dan 1001 tantangan buah mangga sebagai maskot buah primata Indonesia”. Salam manis mangga, MERDEKA!!!! *pesan yang aneh, dan gue sebenarnya belum dilantik sebagai Duta Mangga Indonesia.

Cerita pertama yang tidak memuat sahabat, teman, atau guru. Kali ini pemerannya adalah Gue *teuteup…, BoNyok gue, dan Rewmon (Guk guk kurang ajar yang ngegagalin rencana gue nyolong mangga). Dan disini nggak gue certain tentang Filosofi *duh…, bahasa lu win… win… dari seorang Adelia Putri A.N *nama keluarga disensor. Ntar di episode berikutnya gue bahas. Chaw… (Salam manis mangga JJpiss…)
Love ikhlas/tidak ikhlas
             Wina
(Anak paling KUNO sedunia)

*gue nggak sempat ngambil foto Rewnon (Masih Parno Berat)

0 komentar: